Sabtu, 16 September 2017

Resep Ikan Gurame Saus Mangga Muda

Resep Ikan Gurame Saus Mangga MudaSatu lagi menu favorit gua yakni resep yang berbahan dasar ikan. Bunda pasti sudah tau ikan mempunyai kandungan protein yang tinggi , vitamin dan kalori yang sangat rendah , itu kenapa makan ikan mengagumkan untuk kesehatan kita semua. Apalagi mampu dikatakan makan ikan setiap hari dapat mencegah diri kita penyakit jantung. Perlu juga diperhatikan ketika bunda memilih ikan pilihlah ikan yang masih segar dengan ciri-ciri sisik nya masih kokoh , insang nya masih berwarna pink segar dan jikalau sirip nya kita bengkok kan beliau akan kembali ke posisi semula. Bunda pasti sudah sangat hapal dengan ciri-ciri tersebut.
Hari ini gua akan mencoba menawarkan salah satu resep yang menggunakan materi dasar ikan yaitu Resep Ikan Gurame Saus Mangga Muda. Mudah-mudahan bunda sekeluarga suka dengan resep yang gua berikan.

Ikan Gurame Saus Mangga
Resep Ikan Gurame Saus Mangga Muda


Bahan yang digunakan untuk Resep Ikan Gurame Saus Mangga Muda
1 ekor ikan Gurame yang masih segar
500 cc minyak goreng
1 bh jeruk kemudian ambil air nya saja
5 sdm tepung sagu


Bahan untuk saus :
1 sdm makan tepung sagu kemudian cairkan dengan  5 sdm air
1 btg daun bawang iris tipis
1 sdm cuka
1/4 sdt garam
1/4 sdt gula pasir
3 sdm jeruk nipis
30 gr paprika merah cincang kasar
30 gr paprika hijau cincang kasar
1 bh bawang bombay
30 gr daging mangga muda iris tipis memanjang
250 cc air

Cara memasak Ikan Gurame Saus Mangga Muda

Ambil ikan gurame yang sudah dibersihkan dan fillet daging nya (tanpa tulang) , Tulang ikan gurame tadi jangan dibuang usahakan masih berbentuk ikan , alasannya yakni yang kita ambil daging nya saja , kemudian potong memanjang kecil atau ukuran nya menurut selera bunda saja , kemudian lumuri fillet tadi dengan jeruk nipis dan biarkan terlebih dahulu.
Setelah dirasa air jeruk tadi rata kemudian lumuri daging ikan tadi dengan tepung sagu sampai rata. Kemudian panaskan minyak goreng di wajan kemudian goreng belahan daging tadi sampai matang dan kering kemudian tiriskan.
Goreng pula tulang ikan tadi sampai matang dan kering juga , setelah kering , angkat dan tiriskan juga.

Cara memsak saus mangga muda :
Masukkan seluruh materi saus kecuali sagu kedalam wajan yang sudah dipanaskan , masak sampai mangga muda ,paprika hijau dan merah serta daun bawang menjadi layu dan air nya sudah mendidih. Tambahkan cairan sagu kedalam wajan yang berisi materi saus tadi aduk sampai mengental jikalau dirasa cukup tingkat kekentalan nya angkat dan sisihkan. Ambil piring dan tata ikan fillet tadi beserta tulang nya kemudian siram saus nya diatas tatanan ikan fillet tadi. Siap dan hidangkan. Demikian lah Resep Ikan Gurame Saus Mangga Muda siap untuk bunda sajikan untuk keluarga tercinta. Selamat mencoba. Jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog gua untuk menerima resep-resep lain nya. Jika bunda suka resep dari gua silahkan bunda share ke teman-teman bunda yang lain nya. Atau jikalau bunda berkenan silahkan tinggalkan komentar di bawah ini

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Ikan Gurame Saus Mangga Muda

0 komentar:

Posting Komentar