Minggu, 13 Agustus 2017

Resep Tongseng Kambing Istimewa

Tongseng Kambing Istimewa - Kemarin hari raya Idul Adha , bagi kita yang melakukan kurban baik itu kambing ataupun sapi , di sunahkan untuk mengambil 1/3 bahagian dari daging kurban nya untuk dicicipi. Nah , kebanyakan dari kita kadang resah sendiri , menu istimewa apa yang mampu disajikan untuk mengolah daging tersebut. Sebenarnya banyak yang mampu dilakukan mampu masak Sop Kaki Kambing , mampu juga dibuat Nasi kebuli yang berbahan dasar daging kambing. Bisa juga dimasak Daging Kambing Bumbu Kecap , atau kalau kita sedikit rajin pagi ini mampu membuat nasi goreng daging kambing.
Daripada kelamaan di kulkas , yuk kita olah materi kurban nya yuk. 

Tongseng Daging Kambing


Bahan
Tongseng Kambing Santan
400 gr daging kambing , basuh bersih
2 lbr daun salam
1 ltr air
800 ml santan dari 1/2 butir kelapa
2 cm lengkuas , dimemarkan
1 btg serai , diambil putihnya , kemudian memarkan
150 grm kol , dipotong kotak
2 btg daun bawang , cacah sepanjang 2 cm
1 bh tomat merah , dipotong-potong
3 siung bawang merah iris tipis-tipis
4 bh rawit merah , dipotong sesuai selera
2 1/2 sdm Kecap Manis 
4 sdm minyak untuk menumis

Bumbu halus
3 siung bawang putih
4 btr bawang merah
4 btr lada
3 bh kemiri , disangrai
3 cm kunyit , dibakar
2 cm jahe
1 sdt ketumbar
1 1/2 sdt garam


Cara memasak tongseng kambing


Pertama sekali rebus daging kambing yang telah kita basuh bersih tadi serta masukkan daun salam dalam air mendidih , tunggu sampai daging kambing benar-benar matang. Setelah itu angkat lalu buang air rebusan nya , kemudian potong dagingnya menjadi pecahan kecil-kecil atau sesuai selera saja.
Selanjutnya kita rebus santan , tambahkan bumbu halus , daun salam , lengkuas dan serai sambil diaduk biar tidak pecah santan , tunggu sampai santan mendidih. Setelah mendidih , angkat dan sisihkan.
Sekarang kita panaskan minyak untuk menumis. Masukkan bawang merah , cabe rawit merah dan daging kambing kemudian tumis sampai harum. Masukkan cacahan kol ke dalam tumisan tadi , kemudian tumis kol sampai layu. Setelah itu masukkan Kecap Manis , lalu aduk tercampur rata. Setelah tercampur rata masukkan santan yang telah kita masak tadickemudian tunggu sampai mendidih. Setelah kuah nya mendidih , masukkan daun bawang dan pecahan tomat kedalam nya , lalu masak sampai matang. Tongseng daging kambing siap disajikan selagi hangat.
Tongseng Kambing Khas Solo
Resep selanjutnya
Resep sebelumnya

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Tongseng Kambing Istimewa

0 komentar:

Posting Komentar