Kamis, 17 Agustus 2017

Resep Masakan Bebek Goreng Bali

Jika kita lagi liburan di Pulau Dewata Bali , masakan Bebek Goreng Bali ini merupakan makanan wajib yang harus kita coba. Bebek Goreng yang terkenal di Bali adalah Bebek Goreng Bengil serta adalagi Bebek Goreng Lakaleke di tempat Ubud di sekitar Monkey Forest. Rasanya yang empuk apalgi dinikmat dengan sambal matah , membuat kita ketagihan akan rasa angsa goreng ini.
Tapi rasanya lebih enak kita membuat Bebek Goreng Bumbu Bali ini di rumah daripada kita harus jauh-jauh ke Bali hanya untuk mencoba makanan yang satu ini. Kaprikornus tunggu apalagi , yuk kita coba membuat jenis makanan yang satu ini.

Bebek Goreng Bali

Bahan :
1 ekor Bebek ukuran 800 gr , potong menjadi 4 bagian
1 sdt Cuka
1 sdt Garam
4 btg Serai , ambil bab putihnya saja , memarkan terlebih dahulu
10 lbr Daun jeruk purut

Bumbu Halus :
Bebek Bengil
8 bh bawang merah
6 siung bawang putih
10 bh cabe rawit
1 sdm jahe , cincang kasar
1 sdm lengkuas cincang halus
1 sdm kencur , cincang
1/2 sdt terasi
1 sdt merica bulat
1 1/2 sdt garam

Sambal Matah :
100 gr bunga kecombrang , iris tipis
15 bh bawang merah , iris tipis
3 bh cabe merah , iris tipis
5 bh cabe rawit , iris halus
6 lbr daun jeruk purut , iris halus
1 sdt terasi matang , haluskan
1 bh jeruk nipis
3 sdm minyak goreng
1/2 sdt garam


Cara membuat Bebek Goreng Bumbu Bali :

Pertama angsa yang telah kita potong 4 bahagian tadi , kita basuh bersih , kemudian lumuri dengan cuka dan garam. Setelah itu diamkan selama lebih kurang 30 menit. Kemudian basuh kembali dan tiriskan.
Sekarang kita akan membuat tumisan nya terlebih dahulu. Siapkan 5 sdm minyak goreng , kemudian tumis semua bumbu halus nya beserta serai dan daun jeruk purut sampai harum. Kemudian setelah harum masukkan angsa yang telah kita tiriskan tadi , aduk angsa dengan bumbu tumisan sampai tercampur rata dan angsa menjadi kaku. Setelah itu masukkan air secukup nya , dan didihkan. Gunakan api kecil dan tutup agar bumbu nya benar-benar masuk kedalam angsa nya. Balik sesekali angsa nya tadi dan masak sampai daging angsa menjadi empuk dan air berkurang. Setelah itu angkat dari tumisan tadi. Setelah itu angsa kita goreng sampai kulit nya mengering. Angkat dan siap disajikan dengan bumbu matah nya.
Bebek Goreng Haji Slamet di Bali
Resep selanjutnya
Resep sebelumnya

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Masakan Bebek Goreng Bali

0 komentar:

Posting Komentar