Jumat, 15 September 2017

Resep Dendeng Batokok Khas Padang

Hari ini gue mencoba untuk memperlihatkan Resep Dendeng Batokok Khas Padang. Kenapa dibilang khas padang alasannya yakni dendeng batokok ini memang berasal dari Sumatera Barat. Jika Bunda ke Rumah Makan padang Dendeng Batokok ini jarang sekali ditemukan , maksud nya bukan mereka tidak menyediakan nya , tetapi alasannya yakni dendeng batokok ini memang sangat laris jadi pasti akan cepat habis sebelum yang lain nya memesan nya.
Kebanyakan bunda selalu dihidangkan daging balado yang sudah teramat biasa kita rasakan. Tapi dendeng batotkok ini memang punya ciri khas tersendiri dimana daging nya sebelum dicampur dengan bumbu yang lain daging tersebut setelah direbus di tokok (di memarkan) terlebih dahulu sampai daging nya lebih mudah kita makan. Kalau memang jarang kita jumpai kenapa kita tidak mencoba sendiri membuat Resep Dendeng Batokok Khas Padang ini.

Dendeng Batokok
Resep Dendeng Batokok Khas Padang

Bahan yang digunakan :
500 gr daging Sapi has dalam
600 ml air kelapa
1/2 sdm ketumbar halus
3 siung bawang putih
5 siung bawang merah
8 bh cabe hijau
20 bh cabe rawit
Garam secukup nya
1/2 sdm air asam
1 sdm margarin

Cara memasak Dendeng Batokok


Haluskan terlebih dahulu ketumbar , jahe , bawang putih dan beri 1 sdt garam , kemudian lumuri daging tersebut dengan bumbu yang telah dihaluskan tadi. Jika sudah rata biarkan selama lebih kurang 20 menit.
Kemudian rebus air sampai mendidih. Jika sudah mendidih masukkan daging yang sudah dilumuri bumbu tadi , masak sampai daging menjadi lembut selama lebih kurang 45 menit.

Sambil menunggu daging tersebut bunda siapkan cabe hijau , caber rawit dan bawang merah serta air asam , kemudian bunda mampu merebus nya terlebih dahulu , jikalau sudah , giling berangasan diatas cobek , dan jangan di blender alasannya yakni akan merubah rasa kuliner tersebut kemudian tumis sampai sedikit layu.

Bila daging sudah matang angkat dan tiriskan. Kemudian iris tipis daging tersebut sesuaikan saja dengan harapan bunda tapi jangan terlalu tebal juga , setelah diiris ambil cobek dan ulekan tokok (memarkan) daging yang telah diiris tadi sampai lebih tipis dan melebar.

Kemudian siapkan arang untuk memperabukan daging-daging tersebut untuk hasil yang lebih nikmat atau jikalau bunda tidak mau repot memperabukan nya mampu juga menggunakan oven atau dengan menggoreng daging tersebut.
Jika sudah diangga cukup angkat daging sajikan diatas piring dan beri atas nya dengan bumbu cabe yang telah bunda giling tadi. Semoga bunda menyukai Dendeng Batokok Khas Padang  ini. Untuk bunda yang kurang menyukai rasa yang pedas , bunda mampu mengurangi cabe rawit yang digunakan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Dendeng Batokok Khas Padang

0 komentar:

Posting Komentar