Minggu, 17 September 2017

Resep Ayam Betutu Super Lezat

Resep Ayam Betutu Super LezatJika sebelum nya saya sduah memperlihatkan Resep Ayam Panggang Jeruk yang menggugah selera , hari ini saya akan mencoba memperlihatkan salah satu resep khas Pulau Bali , yaitu Resep Ayam Betutu Super Lezat. Betutu itu sendiri ialah sebuah nama kuliner khas yang sudah terkenal di Bali. Betutu itu ialah lauk yang terbuat mampu dari ayam atau belibis utuh yang didalam nya berisi bumbu-bumbu , kemudian dipanggang dalam api sekam. Betutu ini ialah merupakan kuliner khas dari Gilimanuk salah satu kawasan di Pulau Bali. Resep Ayam Betutu Super Lezat ini sudah terkenal hingga ke mancanegara. 

Jika bunda penasaran , Bunda mampu membuat nya sendiri Resep Ayam Betutu Super Lezat ini di rumah bunda untuk dihidangkan kepada seluruh anggota keluarga. Bagi bunda penikmat kuliner yang berbahan dasar ayam Resep Ayam Betutu Super Lezat ini sudah selayak nya masuk dalam buku resep bunda sekalian.

Resep Ayam Betutu SuperLezat

Bahan yang digunakan :

1 ekor ayam negeri yang masih muda , buang bab ceker dan bab leher nya
3 sdm minyak
5 lbr daun jeruk
3 btg sereh diiris halus
500 ml santan

Bumbu yang digunakan :
10 buah cabe merah
12 butir bawang merah
6 siung bawang putih
2 sdt ketumbar
1/4 btr biji pala
1 iris kunyit 
1 iris kencur
1/2 sdt merica
5 buah cabe rawit
1/2 sdt terasi
1 1/2 sdt garam


Cara Memasak Resep Ayam Betutu Super Lezat

Bersihkan ayam terlebih dahulu ,kemudian bakar ayam diatas arang jaga jangan hingga gosong. Bakar ayam tersebut setengah matang saja. Setelah dirasa cukup angkay ayam tadi dari pembakaran.
Kemudian tumis semua bumbu tadi dengan minyak hingga menguarkan aroma yang harum ,setelah tuang santan kedalam tumisan tadi dan aduk-aduk hingga mengental. Setelah bunda rasa cukup kekentalan nya ,masukkan ayam yang telah dibakar 1/2 matang tadi kedalam nya. Aduk terus biarkan hingga sedikit mengering dan bumbu meresap kedalam nya.
Setelah dirasa cukup angkat ayam tadi kemudian ratakan bumbu yang menempel di ayam tersebut kemudian dilapisi daun pisang setelah tu bakar diatas panggangan atau mampu juga dimasukkan kedalam oven. Panggang hingga ayam tersebut berwarna kecoklatan. Jika Bunda rasa cukup tingkat kecoklatan nya angkat dan pribadi sajikan ke anggota keluarga yang sduah menunggu bunda di meja makan. Demikian lah Resep Ayam Betutu Super Lezat khas Gilimanuk , semoga anggota keluarga bunda puas menyantap nya. Selamat mencoba


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Ayam Betutu Super Lezat

0 komentar:

Posting Komentar