Minggu, 17 September 2017

Resep Ayam Bakar Taliwang khas Lombok

Resep Ayam Bakar Taliwang khas LombokApa kabar bunda hari ini ,mudah-mudah a sehat selalu ya. Terima kasih juga masih setia selalu berkunjung ke Resep Plecing kangkung khas Lombok . Hari ini kembali gua coba berikan resep yang masih berasal dari tempat lombok adalah Ayam Taliwang . Rasa nya yang pedas benar-benar mampu menggugah selera orang yang belum pernah mencoba nya.
Berbahan dasar ayam negeri ditambah dengan cabe , bawang merah ,bawang puith , terasi dan kencur terang menggambarkan cita rasa kuliner ini. Plecing Kangkung.


Ayam Bakar Taliwang
Resep Ayam Bakar Taliwang khas Lombok


Bahan yang digunakan :
1 ekor ayam bakar ,belah menjadi 2 tapi jangan hingga putus
1 1/2 sdt air perasan jeruk
1/2 sdt garam dapur
Minyak goreng secukup nya

Bumbu yang digunakan :
10 btr bawang merah
7 siung bawang putih
4 buah cabai rawit
10 buah cabe merah
1 buah tomat
1 ruas kencur
1 sdt terasi yang terlebih dahulu bunda bakar
1 sdt garam


Cara memasak Ayam Bakar Taliwang

  1. Belah ayam menjadi 2 bahagian tapi jangan hingga putus ,kemudian tekan bahagian punggung ayam hingga posisi ayam melebar.
  2. Selanjutnya siram ayam tadi dengan perasan jeruk serta beri garam secukup nya ,diamkan hingga lebih kurang 10 menit atau hingga perasan jeruk tadi telah meresap kedalam nya.
  3. Tuangkan minyak kedalam wajan yang telah dipanaskan terlebih dahulu ,kemudian tumis bumbu-bumbu yang telah dihaluskan tadi hingga harum. Kemudia masukkan ayam yang telah kita beri perasan air jeruk tadi kedalam tumisan tadi ,masak dan aduk rata hingga ayam tersebut berubah warna. Kemudian tuangkan kembali perasan air jeruk tadi keatas nya aduk hingga bumbu tumisan tadi tercampur rata dengan ayam tersebut
  4. Kemudian ambil air matang kira-kira 2 gelas kemudian tuangkan kedalam olahan tadi ,lalu masak kembali hingga bumbu-bumbu tadi benar-benar meresap kedalam ayam tersebut
  5. Setelah dirasa cukup angkat ayam tadi dari wajan kemudian siapkan tempat memanggang ayam tersbut. Panggang ayam tersebut lalu oleskan dengan bumbu tadi hingga berubah berwarna coklat. 
  6. Apabila dirasa cukup tingkat kematangan nya ,angkat ayam dari panggangan dan sajikan dengan bumbu yang masih tersisa di wajan tadi. 
Mudah-mudahan Resep Ayam Bakar Taliwang khas Lombok ini bermanfaat bagi bunda. Jika Bunda menyukai nya bunda mampu share blog ini ke teman-teman bunda lain nya. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Ayam Bakar Taliwang khas Lombok

0 komentar:

Posting Komentar