Senin, 28 Agustus 2017

Resep Pempek Kapal Selam Ikan Tenggiri

Resep Pempek Kapal Selam Ikan Tenggiri  - Sebenarnya pempek Palembang ini terdiri dari banyak sekali macam jenis , menyerupai pempek kapal selam , pempek lenjeran , pempek adaan dan masih banyak lagi jenis yang lain nya. Tapi dibandingkan dengan yang lain nya pempek kapal selam tergolong yang lumayan sulit pengerjaan nya. Tapi bila berhasil membuat pempek kapal selam ini , artinya kita akan lebih mudah untuk membuat jenis yang lain nya.
Kuah yang berbahan cuka akan menambah rasa yang eksotis bila kita mengkonsumsi pempek ini. Rasa Asam dari cuka dipaduk dengan rasa pedas dari cabe akan menjadi sensasi tersendiri bagi penikmat pempek ini. Berminat mencoba?


Pempek Palembang Asli

Bahan :
600 gr daging ikan tenggiri
400 gr tepung sagu
200 ml air + 1 sdt garam halus , aduk rata
5 btr telur , kocok menjadi satu
Minyak goreng secukup nya

Bahan Kuah :
Pempek Kapal Selam
5 siung bawang putih
10 bh cabe merah buang biji
200 gr gula merah , sisir halus
50 gr gula pasir
1 sdm cuka
1 sdm air asam , yang dilarutkan dalam 50 ml air , kemudian saring
750 ml air
Garam secukup nya

Bahan tambahan :
50 gr ebi sangrai , haluskan
Mi berair secukup nya , seduh dengan air mendidih , kemudian tiriskan
2 bh timun




Cara membuat Pempek Kapal Selam Asli Palembang

Pertama-tama campurkan daging ikan dengan air garam terlebih dahulu , kemudian tambahkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan , sampai adonan mampu dibentuk.

Kemudian bagi adonan menjadi beberapa bagian. Bentuk adonan menjadi lonjong menyerupai bentuk telur , kemudian buat lubang dan bentuk menyerupai mangkuk. Setelah itu isi lubang dengan telur yang telah dikocok tadi dengan ukuran secukupnya , alasannya yaitu kita akan membuat beberapa buah pempek kapal selam nya. Setelah diisi telur kocok tadi tutup kembali mangkuk nya dengan cara menangkupkan tepinya Kerjakan hati-hati supaya mangkuk tidak bocor. Kerjakan sampai adonan habis.

Setelah semua adonan terisi telur kocok tadi , sekarang kita didihkan air , dan masukkan adonan pempek dengan hati-hati , biarkan air sampai mendidih. Jika ada adonan yang mengapung tanda nya sudah matang , angkat dan tiriskan.

Sementara itu kita kerjakan terlebih dahulu kuah cuka nya.
Haluskan bawang putih , cabe merah yang telah kita buang biji dan cabe rawit. Kemudian campurkan dengan air , gula pasir , gula merah dan garam. Masak sambil diaduk sampai larut dan mendidih. Kemudian angkat dan matikan apinya. Tambahkan cuka , aduk rata kembali. Setelah itu biarkan sampai masbodoh , kemudian saring dan siap disajikan dengan pempek nya.

Setelah semua nya simpulan , sekarang ketika nya kita memanaskan minyak , goreng pempek sampai kuning kecoklatan. Setelah itu angkat dan tiriskan. Sebelum kita hidang kita potong-potong terlebih dahulu , kemudian sajikan dengan kuah cuka beserta pelengkapnya.

Pempek Palembang



Resep Selanjutnya


Resep sebelumnya

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Pempek Kapal Selam Ikan Tenggiri

0 komentar:

Posting Komentar