Selasa, 29 Agustus 2017

Resep Kue Putri Mandi Kukus

Resep Kue Putri Mandi Kukus - Kedengaran nya asing ya , kok ada kudapan manis yang nama nya Putri Mandi , ternyata kuah santan nya yang banyak itulah yang seakan-akan dibilang air mandi nya si kudapan manis ini. Kue tradisional yang satu ini mempunyai rasa yang sangat lengkap , ada asin yang berasal dari santan nya , ada manis berasal dari isi kudapan manis nya , dan rasa legit yang berasal dari tepung ketan nya.
Kue Putri Mandi ini ada beberapa macam cara pengolahan nya , jadi selain dikukus menggunakan takir bisa juga dengan menggunakan lapisan plastik yang kebanyak kita liat di toko-toko kudapan manis berair tradisional. Tunggu apa lagi yuk kita coba membuat nya.

Resep Putri Mandi

Bahan :
250 gr tepung ketan
50 gr tepung sagu
250 ml santan dari 1/2 btr kelapa
1/2 sdt garam
1 sdm gula pasir
1/3 sdt pasta pandan
Daun pisang secukup nya

Isi :
Kue Putri Mandi Kukus
1/3 btr kelapa yg setengah bau tanah , parut memanjang
100 gr gula merah , sisir halus
50 gr gula pasir
1 lbr daun pandan , potong-potong
1/3 sdt vanili
100 ml air

Bahan Saus Siram , masak sampai mendidih
300 ml santan dari 1/2 btr kelapa
2 sdm tepung beras
1/2 sdt garam






Cara membuat Kue Putri Mandi

Kita kerjakan terbih dahulu untuk pembuatan isi :
Campurkan materi isi , kemudian aduk rata. Setelah rata masak dalam panci anti lengket dengan menggunakan api yang sedang , masak sampai air habis dan adonan kelapa menjadi kering. Kemudian angkat dan sisihkan.
Sekarang yang kita kerjakan untuk materi lapisan luar atau kulit nya:
Campurkan tepung ketan , tepung sagu , dan garam , uleni sambil tuangkan sedikit demi sedikit santan sampai santan habis. Kemudian tambahkan pasta pandan , kembali kita uleni sampai pasta pandan tercampur rata dan adonan mampu dibentuk.
Setelah itu bagi adonan menjadi 20 bahagian , masing-masing bab dibentuk pipih , kemudian beri 1/2 sdt materi isi. Letakkan isi pas ditengah adonan. Lakukan sampai adonan tamat kita beri isi. , kemudian sisihkan.
Setelah itu siapkan daun pisang ,buat menjadi takir segi 4 , kemudian tuangkan 1 sdm santan kedalam takir daun pisang nya , dan beri bulatan adonan tepung yang tadi telah kita isi kelapa parut. Kemudian kukus dalam dandang selama lebih kurang 30 menit. Setelah matang angkat dari dandang kukusan , dan cuek kan terlebih dahulu. Siap disajikan.
Kue Putri Mandi Bungkus Plastik



Resep Selanjutnya

Resep Sebelumnya



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Kue Putri Mandi Kukus

0 komentar:

Posting Komentar