Selasa, 29 Agustus 2017

Resep Es Palu Butung Asli Makassar

Resep Es Palu Butung Asli Makassar - Minuman khas Palu Butung ini berasal dari Makassar , Sulawesi Selatan. Selain Palu butung ada juga yang lain nya ibarat Es Pisang Ijo yang berbahan dasar sama yakni pisang. 
Jika kita tinggal di perkotaan , akan sangat sulit untuk menemukan kulier yang satu ini , Makara dari pada susah lebih mengagumkan kita buat sendiri saja ya. Bisa disajikan untuk menu berbuka puasa hari ini. 


Es Palu Butung Makassar

Bahan :
4 bh pisang kepok yang sudah masak berwanra kuning keemasan
50 gr tepung beras
1 sdm tepung terigu
600 ml santan dari 1/2 btr kelapa
Garam dan gula pasir secukup nya
1/3 sdt vanili bubuk
2 lbr daun pandan , remas terlebih dahulu kesimpulan dibuat simpul tali
Sirup pandan secukup nya
Es Batu atau es serut secukup nya


Cara membuat Palu Butung

Es Palu Butung Khas Makassar
Kukus terlebih dahulu pisang kepok sampai matang. Setelah matang keluarkan dari kukusan kemudian hambar sebentar , setelah hambar kupas kulit nya , kemudian potong sesuai selera. Sisihkan jikalau telah selesai dipotong. Sekarang larutkan tepung beras dengan 1/2 bab santan yang ada , sisihkan.
Kemudian campurkan sisa santan berikut dengan pandan dan beri gula pasir secukup nya dan jangan lupa beri garam. Kemudian masak diatas api kecil saja , jangan lupa diaduk dan biarkan sampai mendidih.
Aduk larutan tepung beras tadi kemudian campurkan dengan tepung terigu , aduk rata kemudian masukkan kedalam santan yang telah mendidih tadi sambil terus diaduk sampai semua nya tercampur rata. Masak terus sampai adonan mengental dan matang. Tambahkan vanili debu , aduk rata kembali , jangan lupa matikan api nya.
Siapkan beberapa mangkok saji , kemudian tuang kan bubur kedalam mangkok , beri serpihan pisang kemudian siram dengan sirop sesuai selera. Tambahkan es serut atau mampu juga es batu. Es Palu Butung Makassar siap disajikan.

Es Palu Butung Pisang Ijo



Resep Selanjutnya


Resep sebelum nya



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Es Palu Butung Asli Makassar

0 komentar:

Posting Komentar