Kamis, 31 Agustus 2017

Resep Arsik Ikan Khas Batak

Resep Arsik Ikan Khas Batak -  Bagi orang Batak makanan yang satu ini merupakan makanan yang sangat khas yang belum tentu mampu dijumpai dimana ia berada. Bisa jadi alasannya yakni bumbu yang digunakan juga khas , selain itu tidak semua orang batak mampu memasak nya. Perempuan batak akan diacungi jempol bila kuliner satu ini mampu ia masak dengan enak. Biasa nya yang digunakan yakni ikan mas. Kenapa harus ikan Mas , ternyata menurut orang batak bila mau hidup rukun tenang , harmoni dalam kesepakatan nikah nya harus mencontoh ikan mas. Ikan Mas hidup bergerombol di air tawar , dan selalu bergerak ke hulu dan hilir tanpa saling bertabrakan sekalipun. 
Meskipun enak katanya lagi , tidak semua orang batak mampu disajikan makanan yang satu ini , misal nya kepada "tulang (paman dari pihak ibu)" , kita tidak boleh menyajikan kuliner ini , alasannya yakni ada makanan lain yang dianggap pantas. Berminat untuk mencoba kuliner pujian masyarakat Batak?

Ikan Arsik Khas Batak

Bahan :
800 gr ikan mas , buang insang dan perut nya , biarkan sisik nya melekat
6 bh kacang panjang , potong memanjang
10 bh lokio/bawang batak
8 btg serai , potong-potong memanjang kemudian memarkan
2 bh bunga kecombrang , belah menjadi 2 bagian
6 lbr daun mangkokan , iris kasar
2 sdm andaliman , memarkan
3 ptg asam gelugur atau 1 sdm asam jawa , rendam dalam 250 ml air , remas dan saring





Bumbu halus :
10 bh bawang merah
10 bh cabe merah
2 sdt kunyit , cincang
2 sdt jahe , cincang
1 sdm lengkuas muda , cincang
6 bh kemiri , sangrai
2 sdt garam


Cara membuat Arsik Ikan


Alasi wajan dengan sebagian serai dan kecombrang. Kemudian sisa serai , kecombrang dan bumbu halus masukkan kedalam rongga perut ikan yang telah kita bersihkan tadi. Letakkan ikan kedalam wajan yang telah kita alasi dengan batang serai tadi. 
Kemudian tuangkan air asam/asam gelugur kedalam wajan hingga tubuh ikan terendam. Kemudian taburkan andaliman (merica batak) , masak dengan api kecil selama lebih kurang 2-3 jam sambil sesekali dibalik biar matang nya sempurna. Jika dianggap kurang boleh ditambahkan air. Sebelum diangkat masukkan potongan kacang panjang dan lokio (bawang batak).Kemudian masak kembali hingga semuanya matang dan kuah nya tinggal sedikit.
Kata orang batak nya sih arsik nya lebih cantik dimakan keesokan harinya biar bumbu nya semakin meresap. Ingin mencoba?

Resep Selanjutnya


Resep sebelum nya
Puding Mangga 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Arsik Ikan Khas Batak

0 komentar:

Posting Komentar